kumpulan tips kesehatan dan kecantikan

Jika menurunkan berat badan menjadi target Anda saat ini, coba baca artikel ini. Kami buatkan 31 cara sederhana bersantap sehat setiap hari dalam sebulan, yaitu :

1. MULAILAH HARI Anda dengan segelas jus anggur agar tingkat trigliserida menurun. Trigliserida sering diasosiasikan dengan masalah penyakit jantung.

2. HINDARI OLAHAN makanan yang mengandung lebih dari lima bahan. Semakin banyak bahan yang digunakan, maka proses mengolahnya semakin lama.

3. AMBIL SEDIKIT saja makanan favorit Anda. Ini cara yang sangat jitu untuk menghindarkan diri tergantung pada camilan tersebut.

4. JANGAN MENGUPAS kulit buah tertentu, seperti apel, misalnya. Dengan mengupasnya, kita bisa kehilangan 25 persen vitamin, mineral, dan serat yang dikandungnya.

5. JAUHKAN WADAH permen di ruang lain, jauh dari tempat Anda biasa “mangkal”. Penelitian menunjukkan, dengan berjalan untuk mengambil permen, sebenarnya Anda hanya menyantap setengah dari permen itu. Belum lagi kalau Anda tidak jadi menyantapnya karena malas bergerak untuk mengambilnya.

6. KONSUMSI LEBIH banyak protein jika ingin menurunkan berat badan dengan stabil. Jangan lupa sumber protein non-hewani seperti kacang, tofu, sereal wholegrain, dan kacang buncis. Protein dapat menambah kinerja tubuh sehingga lebih banyak membakar lemak.

7. SIMPAN DAN SAJIKAN semangka pada suhu ruangan. Nutrisinya akan meningkat sebanyak 40 persen. Menurut ahli, kondisi ini dimungkinkan karena terjadi proses pematangan.

8. JANGAN MEMBUANG sayur yang bagian daunnya berwarna hijau gelap, seperti pada bayam atau pak coy. Justru bagian ini paling bernutrisi.

9. ADUK SALAD dengan dressing berbahan dasar cuka, agar kenyang lebih lama.

10. GANTIKAN SOUR CREAM/krim asam dengan yoghurt rendah lemak saat menyajikan kentang panggang atau kroket. Yoghurt rendah lemak ini baik juga digunakan sebagai pengganti mentega pada mashed potatoes.

11. MINUMLAH AIR hangat dengan jus lemon pada pagi hari. Ini seperti mini-detox yang membantu pencernaan dan membersihkan liver Anda.

12. COBALAH MENYANTAP 20 – 30 bahan makanan yang berbeda untuk memperoleh nutrisi maksimal dan manfaat antioksidannya.

13. GANTI SANTAN pada masakan bersantan dengan susu skim evaporated. Kalau ingin tetap ada aroma kelapanya, tambahkan saja sedikit esens kelapa.

14. BAIK SEKALI kalau Anda sering-sering mengonsumsi buncis. Anda bisa menambahkannya pada saus bolognaise. Atau, sajikan buncis dengan saus celupan yang dibuat dari blenderan bawang putih, campurkan minyak zaitun, dan jus lemon sebagai bahan celupan. Bisa juga menambahkannya pada salad.

15. SEBAGAI CAMILAN, lebih baik menyantap sayuran panggang/rebus ketimbang mengunyah sekaleng keripik kentang.

16. JANGAN BERLEBIHAN mengonsumsi produk berlabel low fat atau low carb (karbohidrat rendah). Seringkali produk semacam ini kandungannya tak jauh beda dengan versi aslinya.

17. JANGAN MENCOBA semua menu makanan saat ada jamuan buffet. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan salad.

18. GUNAKAN MINYAK canola atau minya zaitun sebaga olesan pada baking pan dan hidangan, panggangan atau penggorengan. Ini lebih sehat ketimbang mentega atau minyak goreng biasa.

19. JANGAN LAPISI wajan Anda dengan minyak. Tapi campurkan dua sendok makan minyak pada daging, baru masukkan ke wajan panas.

20. MINUMLAH JUS sayur segar setiap pagi. Cobalah wortel, seledri, bayam kecil, timun, selada air atau lobak. Campurkan dengan jus apel sebagai pemanis.

21. SAAT MUSIM mangga, manfaatkanlah. Menyantap 1 buah mangga sudah 100 persen mencukupi kebutuhan betakaroten dan vitamin C. Termasuk sejumlah vitamin E, serat, dan mineral seperti besi, kalsium, magnesium, seng, potasium dan asam folik.

22. GUNAKAN PERALATAN dan mangkuk yang berukuran kecil. Penelitian menunjukkan, kita cenderung makan lebih banyak jika peralatan makan dan piringnya juga berukuran besar.

23. MASAKLAH MASAKAN Anda dengan bawang putih. Satu siung saja dapat membantu menurunkan kolesterol hingga sembilan persen.

24. TETAPLAH GUNAKAN ukuran normal suatu produk. Saat ada promosi, kita cenderung memiliki ukuran family atau ekonomis yang lebih besar dan lebih murah. Kita lupa setiap masih ada sisa makanan, kita cenderung menyantapnya lagi. Tentu jumlahnya lebih banyak dari ukuran biasa.

25. TAK APA menangis. Apalagi jika menangis saat mengupas bawang merah untuk dimasak. Umbi ini memiliki tingkat fitokemikal pelawan kanker yang sangat tinggi.

26. INGIN MENGUDAP? Cobalah yoghurt low fat, cracker wholemeal bersama keju low fat, buah, atau kacang kering.

27. SISAKAN TIGA suap setiap kali Anda makan. Setiap suap mengandung 105 kilojoule (kj). Jadi, sekali makan Anda memotong hingga 315 kj. Artinya bisa mencapai 945 kj per hari!

28. GUNAKAN REMPAH dan bumbu yang segar. Di dalamnya terkandung antioksidan dan bisa memperkaya rasa tanpa tambahan lemak.

29. NIKMATI KOPI dalam ukuran sedang. Penelitian menunjukkan, kopi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung, dan liver.

30. PERHATIKAN KEBIASAAN Anda yang suka menghabiskan makanan Si Kecil atau bahkan menjilati sendok saat memasak. Semua asupan tadi terhitung, lho.

31. ANDA TERBIASA menambah mentega pada sayuran, atau saus krim untuk ikan dan ayam? Cobalah menambahkan jus lemon sebagai gantinya. Dijamin tanpa lemak!
Sumber : Kompas

__________________

Dari tahun ke tahun, resolusi Anda untuk menurunkan berat badan tampak terbengkalai begitu saja? Jangan mau kalah begitu saja. Mulailah mengajak tubuh Anda untuk bergerak perlahan dan raihlah angka bobot ideal tubuh yang Anda impikan. Tak perlu muluk-muluk, cukup dengan langkah-langkah kecil saja, kok. Ini contohnya.

  1. Menetapkan gol latihan yang masuk akal. Kalau tidak, percuma saja Anda berlatih. Cobalah untuk mulai menyiapkan waktu berolahraga dua kali di hari kerja dan sekali pada akhir minggu dengan lama waktu berlatih 30 menit. Jika Anda hanya memiliki waktu 20 menit pun tak masalah. Kuncinya adalah untuk mulai bergerak dan terus bergerak.
  2. Memiliki rekan seperjuangan memang menyenangkan dan bisa dijadikan pemacu pula. Namun, ketika teman seperjuangan yang Anda miliki adalah si dia yang berlainan jenis kelamin, harus dilakukan semacam penyesuaian. Pria harus menyadari bahwa wanita tidak selalu bisa menyamai level intensitasnya. Perlu dihindari pemaksaan dari pria untuk membuat pasangannya berlatih lebih keras. Apa yang terasa baik-baik saja bagi si dia kadang tidak begitu adanya bagi Anda. Karena itu, jangan dipaksakan. Begitu pun dengan rasa makanan.
  3. Pria membakar kalori lebih cepat dibandingkan wanita karena pria memiliki massa otot lebih banyak dan bisa membakar 30-40 persen lebih banyak kalori meski berlatih dengan gaya dan intensitas yang sama. Adalah hal yang tidak realistis untuk mengharapkan hasil yang sama pada pria dan wanita pada waktu yang sama dengan latihan serupa. Jadi, jangan membandingkan diri dengan pasangan Anda ketika menyangkut soal berapa banyak angka yang berhasil diturunkan saat mulai berlatih bersama.
  4. Camilan sehat bisa Anda buat sendiri. Campur kacang almon, kacang kedelai yang diselimuti cokelat, dan yogurt.
  5. Bereksperimenlah dengan bahan-bahan herbal, seperti rosemary, sage, thyme, mint, dan dill. Tak hanya akan menambah rasa pada makanan, tapi juga mengandung banyak nutrisi.
  6. Cari udara segar. Pergi ke gym dari hari ke hari bisa membuat Anda merasa seperti rutinitas dan ini merupakan hal yang berbahaya bagi upaya berlatih Anda. Sesekali, gantilah suasana dengan berjalan kaki, atau berlari, atau bersepeda di luar ruangan.
  7. Set screen saver layar komputer Anda untuk mati setiap setengah jam atau gunakan alarm di jam tangan Anda sebagai penanda bahwa sudah saatnya Anda bergerak. Bergeraklah dengan melakukan semacam peregangan ringan, seperti angkat tubuh dengan tangan di bangku, push up sambil menghadap dinding, dan lainnya. Atau, cukup dengan beranjak dari tempat duduk dan mulai mengitari ruangan. Asal jangan sampai kegiatan ini mengganggu pekerjaan Anda.
  8. Perhatikan sekitar Anda dan lihatlah bahwa masih banyak yang bisa Anda lakukan untuk berlatih di sela-sela waktu Anda. Misal, merapikan halaman rumah, mencabut rumput-rumput liar, menyapu-mengepel, dan lainnya. Trik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meregangkan kaki, sambil berjingkat-jongkok saat menelepon. Atau mengangkat kaki sambil meregangkan saat menonton televisi. Cobalah untuk mengambil berbagai momen sebagai kesempatan untuk berolahraga.
  9. Bukan tipe orang yang bisa bangun pagi? Banyak kok orang yang seperti Anda. Jangan terpaku pada omongan yang menyatakan Anda harus berolahraga pada pagi hari. Waktu terbaik untuk Anda berolahraga adalah saat energi Anda berada di titik tertinggi. Kebanyakan orang menyerah ketika mencoba memaksa dirinya untuk berlatih di jam-jam saat tubuhnya menolak untuk bergerak. Jadi, jangan mendaftar untuk kelas yoga pada pukul 06.00 ketika Anda tahu akan sulit untuk Anda bisa memaksa diri datang setiap jadwalnya. Pagi, sore, dan malam adalah waktu ideal untuk berolahraga, tergantung tubuh Anda.
  10. Saat bersama pasangan, cobalah untuk berbelanja bahan makanan bersama. Di setiap perjalanan, pilihlah 1-2 makanan sehat untuk dicoba. Dengan begini, Anda bisa menghabiskan waktu bersama dan merencanakan makanan bersama. Kalau perlu, gunakan buku resep makanan sehat untuk diikuti setiap minggu.

Masih berjuang untuk melenyapkan selulit? Jika produk-produk perawatan selulit yang Anda beli tidak juga membuahkan hasil, cobalah cara yang lebih alami. Kopi, misalnya, ternyata juga bisa berfungsi sebagai scrub untuk bagian tubuh Anda yang dihinggapi selulit. Berikut adalah berbagai trik untuk merawat kesehatan kaki dengan cara alami lainnya:

  1. Tuangkan beberapa sendok ampas kopi bubuk ke atas spons yang lembab, lalu dengan gerakan memutar yang lebar pijat paha dan kaki Anda untuk menghilangkan selulit, kata Janey Lee Grace, penulis buku Look Great Naturally.
  2. Kemudian, gosokkan ke arah atas dan ke bawah kaki Anda,” tutur ahli terapi kecantikan selebriti, Janet Ginnings. “Ibu saya mengajarkan saya melakukan cara ini untuk memecah dan membuyarkan kelebihan air.”
  3. Sekali seminggu, gunakan scrub garam (campuran minyak zaitun dan garam laut) untuk mencegah kulit menjadi kapalan, dan tumit yang pecah-pecah. Kemudian, gosok kulit yang tebal dengan bahan tersebut hingga menjadi lembut.
  4. Biarkan kaki Anda meregang dan bernafas dengan berjalan bertelanjang kaki di sekitar rumah selama mungkin, demikian saran ahli podiatri, Michael O’Neill. Jika Anda mengalami masalah pada kaki, kenakan sepasang sepatu untuk berlari. Sandal jepit atau sandal rumah lainnya memang praktis, tetapi sebenarnya tidak memberikan dukungan yang baik untuk kaki.
  5. Tidak tahan mandi dengan air dingin? Sayang sekali. Menurut Dr Ian Drysdale, kepala British College of Osteopathic Medicine, mandi dengan air dingin setiap hari baik untuk mengencangkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Buat diri Anda nyaman dengan semburan air dingin selama 30 detik untuk setiap bagian tubuh setelah ritual mandi selesai,” kata Drysdale, yang selama 55 tahun selalu mandi air dingin.

Area lipatan pangkal paha memang sering kali berwarna lebih gelap dari bagian tubuh yang lainnya. Bagi beberapa orang, kondisi ini sering kali dirasa mengganggu secara penampilan.

Ya, warna gelap di lipatan pangkal paha ini bisa terjadi karena berbagai faktor, demikian menurut dokter Erawita Moegni, SpKK, spesialis kulit dari Clinique Suisse-Jakarta. Kondisi yang tidak menyenangkan ini, antara lain, disebabkan faktor hormonal maupun akibat iritasi pada lipatan pangkal paha yang meninggalkan pigmentasi berlebih.

Masalah kehitaman pada area lipatan paha ini sering ditemukan pada wanita dengan berat badan berlebih. Resistensi insulin yang kerap terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih memicu warna lebih gelap pada area lipatan.

Bila kehitaman disebabkan berat badan berlebih, sebaiknya dilakukan diet terlebih dahulu. Setelah berat badan ideal, kemudian dapat dilakukan perawatan pemutihan.

Perawatan pemutihan bisa dimulai dengan menggunakan whitening agent berupa krim yang mengandung asam glicolic, arbutin, ataupun hidroquinon.

Penggunaan whitening agent biasanya juga dikombinasi dengan krim tretinoin yang bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel kulit. Krim-krim ini digunakan 3-4 minggu sebelum perawatan selanjutnya. Selain mengurangi gradasi area intim yang menghitam, juga sebagai pengondisian kulit lipatan. Tujuannya agar area lipatan yang berkulit tipis itu tidak mudah iritasi bila dilakukan perawatan yang sifatnya lebih radikal.

Perawatan selanjutnya dengan mikrodermabrasi pada area yang menghitam tersebut. Tentu saja dengan menggunakan tip yang lebih kecil agar fleksibel mencapai area intim yang tersembunyi. Mikrodermabrasi bisa dilakukan 2-3 minggu sekali sembari tetap menggunakan perawatan menggunakan krim.

“Biasanya mikrodermabrasi dilakukan 4 kali dalam 1 paket perawatan. Setelah selesai 1 paket perawatan, biasanya sudah terlihat hasilnya,” ungkap dokter Era.

Bila perawatan dirasa masih kurang maksimal, dapat dilakukan mikrodermabrasi lagi sesuai kebutuhan. Namun, bila dirasa sudah cukup, perawatan krim bisa diteruskan hingga beberapa minggu kemudian.

Untuk perawatan pranikah, dokter Era menyarankan untuk mempersiapkan perawatan minimum 1-2 bulan sebelum hari H. Walaupun, menurut dokter Era, ini juga belum tentu bisa memberi hasil maksimal.

“Yang terpenting, upayakan agar berat badan cukup ideal serta tak menggunakan pakaian dalam terlalu ketat ataupun berkaret kencang,” pungkas dokter Era mengingatkan.

(Laili Damayanti/Tabloid Nova), kompas.com

Bagi banyak wanita selulit dan stretchmark adalah musuh kecantikan kulit. Sebagian besar kemudian berjuang untuk mencari diet untuk menghindari kulit jeruk sekaligus membantu melembabkan kulit.

Menu diet yang tepat membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Asupan menu yang cukup, menurut juru bicara Asosiasi Diet Amerika, Christine Gerbstadt, mampu mencegah munculnya kulit ‘jeruk’ di permukaan kulit. Inilah beberapa di antaranya seperti dikutip dari laman Self.

Minum cukup
Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak licin dan sehat. Kulit bagian tertentu seperti paha, memiliki lapisan lebioh tebal dan rawan selulit. Minum air dalam jumlah cukup mencegah lapisan kulit yang akan menutupi lapisan lemak penyebab selulit. Dianjurkan minum delapan liter air setiap hari serta makanan yang mengandung air. Apel, anggur, mentimun, memiliki cairan lebih banyak dan mengurangi massa tubuh lebih baik.

Sayuran Warna cerah
Sayuran warna cerah yang sarat vitamin C mencegah kerusakan kolagen. Kolagen berfungsi mendukung struktur kulit, dan jaringan lemak. Saat untaian ini melemah, dapat menyebabkan kisut pada lapisan lemak kulit bergelombang atau selulit.

Studi Arizona State University menunjukkan vitamin C membantu membakar lemak hingga 30 persen selama olahraga. Makan makanan dengan vitamin C sedikitnya 75 gram setiap hari untuk kulit mulus.

Sereal gandum
Karbohidrat sederhana seperti nasi, roti putih dan sereal manis akan menaikkan hormon insulin dengan cepat. Insulin yang melonjak merupakan sinyal agar tubuh menyimpan lebih banyak lemak dan mencipta kelebihan lemak baru melalui jaringan ikat penyebab selulit. Biji-bijian seperti beras merah, oatmeal dan jagung atau popcorn tanpa tambahan tidak akan mengacaukan gula darah.

Plus, biji-bijian mengandung lebih banyak serat yang penting menjaga kerampingan tubuh. Dapatkan sumber karbohidrat kompleks sedikitnya setengah porsi setiap hari.

sumber: Petti Lubis, Anda Nurlaila, VIVAnews

SEIRING usia bertambah, kulit wajah kaum wanita berubah menjadi keriput. Hanya dengan perawatan kulit wajah, masalah keriput bisa ditunda.

Berikut ini tip dari pakar kesehatan dan kecantikan perempuan dr Sonia Wibisono menjaga agar wajah tak cepat tua:

  1. Jangan terlalu kasar dan terlalu sering mencuci wajah. Jika terlalu sering dibersihkan, kelembapannya hilang.
  2. Berhentilah merokok. Selain merokok tidak baik untuk kesehatan, merokok juga dapat membantu mempercepat timbulnya keriput pada wajah, terutama di daerah ujung mata.
  3. Menjaga berat badan. Agar wajah tidak cepat keriput, mulailah menjaga bobot badan.
  4. Terlalu banyak cemberut ternyata dapat mengakibatkan munculnya keriput lebih awal. Mulailah untuk lebih sering tersenyum.
  5. Mengonsumsi makanan yang bergizi ternyata dapat mencegah timbulnya keriput pada wajah.
  6. Hindari sinar matahari secara langsung pada wajah. Lindungi wajah dengan payung atau topi. Atau bisa dengan kacamata hitam. Tetapi jangan sembarangan memilih kacamata yang dapat menyerap panas justru akan mempercepat munculnya keriput.

Produk alami oriflame, untuk perawatan wajah anda, klik disini!

sumber: (Genie/Genie/tty), okezone.com, editor: resep

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s