contoh RPP matematika kelas VIII

RENCANA PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMPN 5 Tamiang Layang

Hari / Tanggal                       : Senin / 15 – 11- 2010

Nama Guru                            : Rosiani, S.Si

Mata Pelajaran                       : Matematika

Kelas/Semester/Tapel         : VIII B/ 1/2010-2011

Standar Kompetensi              : Memahami bentuk aljabar,  relasi, fungsi dan persamaan garis lurus

Kompetensi Dasar                 : Menentukan gradien, persamaan garis lurus

Indikator                                 : Menggambar grafik garis lurus

Waktu                                     : 2 x 40 menit  ( 2 jam pelajaran )

Jumlah Siswa                         : 19 orang, hadir 19 orang, tidak hadir 0 orang

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa dapat menggambarkan grafik  garis lurus

B. MATERI AJAR

Menggambar grafik garis lurus

C.     METODE PEMBELAJARAN

Metode pengajaran yang dipakai adalah :   demontrasi dan diskusi kelompok

D.  LANGKAH LANGKAH KEGIATAN

1.      Pendahuluan

§         Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;

§         Guru memberikan pre test

§         Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan  pengetahuan sebelumnya dengan materi yang dipelajari “ bagaimana menentukan persamaan garis melalui 2 titik “

§         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2.      Kegiatan Inti

a.      Guru mendemontrasikan langkah-langkah menggambar grafik garis lurus  dari suatu persamaan ;

b.      Guru membimbing siswa menggambar grafik ;

c.       Siswa dibagi 5 kelompok terdiri dari 3 – 4 orang dan diberikan soal yang berbeda tiap kelompok ;

d.      Hasil tiap kelompok  akan dibahas di depan kelas dan di nilai masing-masing selama 10 menit.

3.      Penutup

a.      Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan ;

b.      Guru memberika post test ;

c.       Guru memberikan PR  kepada siswa ;

d.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

E.   ALAT DAN SUMBER BELAJAR

v      Alat     : kapur tulis, penggaris dan penghapus

v      Bahan :

1.      Buku Matematika 2 untuk SMP / MTs kelas VIII. Penerbit : Erlangga.

2.      Buku Matematika kelas VIII SMP / MTs. Penerbit : PT. Setia Purna Inves.

3.      Referensi lainnya.

F.   PENILAIAN

Tekhnik    : Tes tulis

Bentuk Instrumen :  tes uraian

Instrumen

    1. Gambarlah grafik dari persamaan garis :

a.      4x + 2y  = 5

b.      y = 4x

c.       y = -2x

d.      -2x + 3y = 6

e.       y = x

KUNCI JAWABAN

a.      4x + 2y = 5 Û  2y = 5 – 4x  Û y = 5/2 – 2x

Titik potong terhadap sumbu x :

Jika y = 0 Þ  0 = 5/2 – 2x

2x = 5/2   Û 4x = 5

x  = 5/4 sehingga titik potongnya adalah ( 5/4 ;0 )

titik potong terhadap sumbu y :

Jika x = 0 Þ  y = 5/2 – 2. 0

y = 5/2   Û

sehingga titik potongnya adalah ( 0 ;5/2 )

grafik garis lurusnya adalah

Y

3

( 0:5/2)

2

1

( 5/4:0) X
-2 -1

1

2

-1

-2

b.      Hjj

c.       Fgh

d.      Jj

e.       kkk

Mengetahui :

Kepala SMPN 5 Tamiang Layang,

Haripanda, S.Pd

NIP. 19680512 199412 1 003

           Jaar,       Oktober  2010

Guru Mata Pelajaran,

Rosiani, S.Si

NIP. 19830509 200903 2 009

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s